Selasa, 25 Juni 2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga penyusunan makalah yang berjudul “Electrical Discharge Machine” ini dapat terselesaikan.
Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Teori Pemesinan di FKIP PTK PTM Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Dalam penulisan makalah ini kami merasa masih memiliki banyak kekurangan baik segi materi maupun dari segi penulisan, mengingat kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi penyempurnaan penulisan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penulisan makalah ini, semoga Tuhan memberi imbalan yang setimpal atas bantuan dan semoga dapat menjadikan bantuan ini sebagai ibadah, Amin.

Surakarta, 9 Desember 2012
                                                                                                                              Penulis






DAFTAR ISI


Judul.................................................................................................................................................1
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………….2
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………..3
I.             Pengertian Electrical Discharge Machine…………………………………………………...4
II.          Macam-Macam Electrical Discharge Machine……………………………………………...5
III.       Bagian-Bagian Electrical Discharge Machine………………………………………………8
IV.       Karakteristik Electrical Discharge Machine………………………………………………...9
V.          Prinsip Kerja pada Electrical Discharge Machine…………………………………………10
VI.       Perhitungan pada Electrical Discharge Machine…………………………………………..15
VII.    Keuntungan dan Kerugian Electrical Discharge Machine…………………………………16
V.          Kesimpulan………………………………………………………………………………...19









I.                  Pengertian Electrical Discharge Machine
Electrical Discharge Machine merupakan mesin produksi non konvensional yang  memanfaatkan  proses  konversi  listrik  dan  panas,  dimana  energi  listrik digunakan untuk memunculkan loncatan bunga api (spark) dan proses pemakanan material terjadi akibat energi panas yang ditimbulkan dari bunga api tersebut. Proses  EDM  merupakan  proses  pengerjaan  material  yang  dikerjakan dengan  memanfaatkan  loncatan  bunga  api  listrik  (spark)  yang  terjadi  pada  celah diantara  elektroda  dan  benda  kerja.  Loncatan  bunga  api  tersebut  terjadi  tidak kontinu, akan tetapi timbul secara periodik terhadap waktu. Dalam EDM tidak ada proses  kontak  dan  gaya  pemotongan  antara  pahat  dan    material  benda  kerja.  Hal ini  mengakibatkan  tidak  adanya  tegangan  mekanis,  chatter,  dan  problem  getaran seperti  yang  pasti  terjadi  pada  proses  permesinan  tradisional.  Karena  EDM  tidak menimbulkan tegangan mekanik selama proses maka akan  menguntungkan pada manufaktur benda kerja dengan bentuk yang rumit.

EDM  juga  disebut    metode  pemesinan  yang  pada  dasarnya  digunakan untuk  logam  keras  atau  logam-logam  yang  tidak  mungkin  dapat  diolah  dengan menggunakan  mesin  tradisional.  Suatu  batasan  yang  penting  bahwa  EDM  hanya bekerja untuk benda-benda yang dapat dialiri listrik atau benda-benda konduktif. EDM dapat memotong sudut kecil atau sudut dengan bentuk tak beraturan, garis tak  beraturan  atau  lubang/rongga  pada  logam  berat  dan  logam  mulia  seperti titanium,  hastelloy,  kovar,  inconel,  dan  carbide. Selain itu Mesin ini dapat melakukan beberapa pengerjaan seperti menyisipkan, memotong, dan menggerinda. Adapun  salah  satu  jenis pengerjaan  material dengan menggunakan mesin EDM dapat dilihat pada gambar berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar